Class – Kotlin

Class dalam Kotlin bisa se-simple mungkin artinya banyak logic tapi dengan sedikit code. Mari kita bahas penggunaanya dan perbedaannya dengan class Java

Deklarasi

Mudah sekali kan, dengan diawali dengan keyword class diikuti nama kelas tanpa kurung kurawal. Dari sini kelihatan perbedaannya dengan Java dengan tidak adanya deklarasi public modifier karena semua public di Kotlin.

Properties

Di Kotlin tidak ada field, paling tidak kita tidak bisa mendeklarasikan. Yang ada adalah properties, ini menggantikan getter dan setter di Java.

jika secara explicit membutuhkan setter, ya harus secara explicit dideklarasikan

Pada baris yang di highlight, adalah setter untuk memanipulasi properties name. Ada banyak cara untuk membuat setter, yang jelas lebih sedikit code dibandingkan getter+setter di Java. Oh ya, kit juga bisa langsung menggunakan variable sebagai String.

constructor

1. Properties secara inline, bisa menggunakan var atau val.

2. Constructor dideklarasikan setelah definisi class. Jika di Java, kita perlu mendefiniskan lagi constructor dan getter+setternya.
3. Defaultnya hanya butuh satu constructor, tapi tentu saja bisa.

Method

1. Kita bisa menggunakan properties yang sudah di-assign secara langsung melalui constructor
2. Atau bisa juga seperti di Java, dengan return type

di kotlin, semua closed by default

Jadi object tidak bisa di-extend (inherit), dan children object tidak bisa override method dari parent kecuali parent object dideklarasikan dengan keyword open

 

Masih banyak pertanyaan tentang class dalam Kotlin, di artikel selanjutnya kita bahas lebih dalam tentang ini dan implementasinya di framework Android. Jangan lupa untuk baca artike sebelumnya tentang variable.

  1. Variable
  2. Class
 

abhiemanyu

 

One thought on “Class – Kotlin

Comments are closed.