Reksadana Online Tutorial [part 1]

Hello, kali ini saya ingin berbagi mengenai bagaimana berinvestasi reksadana khususnya dengan media online. Kenapa online? tentu alasannya banyak sekali mengingat perkembangan gadget dan social media sangat luar biasa di Indonesia. Nah, untuk mengakomodir kebutuhan para pelaku investor baik yang pemula maupun yang sudah expert, hadirlah IPOTFUND. IPOTFUND merupakan Supermarket Reksadana Online yang pertama dan terlengkap di Indonesia. IPOTFUND menjual 105 produk reksa dana yaitu Reksa Dana Pasar Uang, Reksa Dana Pendapatan Tetap, Reksa Dana Campuran, dan Reksa Dana Saham dari 24 manajer investasi ternama di Indonesia yang berada di bawah naungan OJK.

IPOTFUND sendiri adalah salah satu produk milik salah satu perusahaan sekuritas INDO PREMIER. Menurut saya pribadi, INDO PREMIER sangat jeli dalam melihat peluang bisnis investasi. Bagaimana tidak saya yang notabene “baru akan belajar” berinvestasi merasa sangat terbantu dengan sistem yang dikembangkan oleh INDO PREMIER. Dulu ketika saya baru tahu apa itu reksadana, ingin sekali memulai tapi juga bingung dengan alur dan persyaratan yang yah menurut saya cukup ruwet. Sudah reksadana sendiri belum paham sudah harus belajar analisa pasar, harus ke bank, dll ribet deh. Saat itu saya mulai googling reksadana untuk pemula yang online dengan biaya yang murah, maka sampailah saya pada website ipotfund.com meskipun awalnya ragu.

Step by step

Oke, langsung saja kita bahas langkah-langkah bagaimana mendaftar hingga memulai berinvestasi.

    1. Yang pertama harus diingat karena investasi ini melibatkan uang beneran, pastikan anda memiliki akun/rekening bank (belum ada saldonya gak papa, buat syarat daftar aja 🙂 ).
    2. Pada saat pendaftaran online melalui website ipotfund.com, pengguna tidak dikenakan biaya apapun kecuali materai.
    3. Jika anda masih ragu, anda bisa melihat pertanyaan yang paling sering ditanyakan pengguna mengenai pendaftaran disini.
    4. Buka website ipotfund.com pada browser anda, kemudian klik “OPEN AN ACCOUNTipotfund-homepage
    5. Setelah itu akan tampil pop-up berisi pilihan apakah anda ingin memasukan data-data sendiri atau melalui wawancara via telepon. Silahkan pilih mana yang anda inginkan, pengalaman saya, saya lebih memilih untuk memasukan sendiri data-data saya karena lebih mudah kita perbaiki sendiri. Kalaupun anda memilih untuk wawancara tidak apa-apa, hal ini memang diperlukan ketika akan berinvestasi di reksadana agar manajer investasi dapat mengetahui profil resiko anda.open-account-dialog
    6. [UPDATED] Terdapat pilihan untuk membuka akun umum atau syariah tergantung keinginan anda,
    7. Setelah itu, anda diharuskan mengisi formulir pendaftaran. Formulir ini identik dengan formulir ketika kita hendak membuka rekening di bank. Mulai dari data pribadi, pengalaman investasi, pekerjaan, sumber pendapatan, nama bank. Baik untuk akun umum maupun syariah.open-account-umumopen-accout-syariah
    8. Tahap selanjutnya yaitu Risk Profiling. Tahap ini untuk mengetahui profil resiko dan juga kategori investasi yang cocok bagi anda. Hal ini penting mengingat manajer investasi juga harus mempertimbangan kemana saja dana akan dialokasikan. Serta untuk memperjelas tujuan investasi anda, jangka pendek atau jangka panjang.
    9. Berikutnya anda diharuskan untuk membaca persyaratan untuk pemilik akun serta seluk beluk tentang berinvestasti di IPOTFUND.
    10. Anda akan mendapatkan salinan formulir pendaftaran melalui email anda. Salinan berupa file .pdf yang berisi formulir pembukaan rekening RDI, formulir pembukaan rekening efek serta kuesioner profil. Anda harus mencetak semua lampiran dan tanda tangani formulir serta bubuhkan materai.
    11. Setelah anda tanda-tangani dan bermaterai, anda harus mengirimkan semua formulir tersebut beserta berkas-berkas yang diperlukan (fotokopi KTP dan NPWP) kantor cabang PT Indo Premier Securities terdekat atau melalui pos.

Nah, sekarang anda tinggal menunggu konfirmasi dari pihak IPOTFUND bahwa berkas-berkas sudah diterima dan diproses. Prosesnya cepet kok, saya dulu hanya 5 hari kerja hingga saya dapat konfirmasi login meskipun belum bisa langsung bertransaksi. Baru setelah rekening dana investor dan SID (Single Investor Identification). Nah, di postingan selanjutnya nanti kita akan bahas langkah-lengkah pertama bagaimana memulai transaksi reksadana. Selamat berinvestasi.

UPDATE: sekarang proses pembukaan lebih cepat yaitu kurang lebih  2 hari saja sudah selesai.

 

abhiemanyu

 

4 thoughts on “Reksadana Online Tutorial [part 1]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *