Variable – Kotlin

Seperti halnya dengan Java dan bahasa pemrograman lainnya, variable tentu hal yang penting untuk dipelajari. Nah, di Kotlin ada beberapa keunikan yang membuatnya menjadi lebih mudah (atau justru membingungkan). Pengertian variable akan saya bahas disini karena penting untuk diketahui kapan dan bagaimana menggunakan variable, khususnya ketika menggunakan class .

Var vs val

Variable di Kotlin fungsinya sama dengan di Java yaitu untuk menyimpan sebuah nilai yang nantinya bisa kita gunakan atau manipulasi nilainya dalam sebuah scope program. Namun ada beberapa perbedaan yang perlu dicermati :

Variable bisa mutable (bisa diubah) atau immutable (tetap)
Kalau di Java, kita tahu modifier final jika kita menginginkan variable immutable/konstant. Tetapi di Kotlin agak tricky karena Kotlin lebih “suka” variable immutable. Hal ini kelebihan tersendiri karena membuat program lebih mudah diprediksi dan thread safety. Lha terus apa semua variable harus konstant? lalu bagaimana jika kita butuh variable yang mutable? Nah, ini yang akan kita bahas.

Val atau Var yang membedakan mutable atau immutable.
Yang menarik kita tidak perlu menyebutkan type sebuah variable selama compiler bisa mengenali dan menyimpulkan sendiri. Jadi kita hanya perlu deklarasi var atau val sebuah variable, nah untuk type data akan disimpulkan oleh compiler. Tetapi bisa juga secara explicit kita deklarasikan type datanya.

Tidak perlu deklarasi new ketika membuat instance object

Type casting secara otomatis
Ketika compiler bisa mendeteksi bahwa sebuah variable adalah sebuah instance object maka type castingnya bisa langsung dikenali.

Ya, kita bisa langsung akses property text, nanti akan kita pelajari.

Semua adalah object bagi Kotlin
Tidak ada type data basic dan tidak ada void . Jika variable atau fungsi tidak bernilai maka type data nilainya adalah object Unit . Mungkin akan lebih sering variable atau return fungsi tidak begitu, tapi ingat bahwa fitur itu ada.

Immutable variable atau bisa saja disebut read-only variable bukan berarti instance-nya otomatis  tidak bisa berubah. Instance memungkinkan member variablenya untuk mengubahnya melalui fungsi atau properti, namun variabel itu sendiri tidak dapat mengubah nilainya atau dipindahkan ke nilai lain.

Type yang lebih sederhana tidak dimasukkan ke type yang lebih kompleks.
Maksudnya? langsung ke contoh saja, variable dengan type Long tidak bisa diisi dengan variable type Integer, contoh

Diatas tidak bisa dicompile, harus di-cast secara explicit

Bingung?

Kalau bingung tidak apa-apa, apalagi yang udah pernah bermain dengan Java. Cuma masalah kebiasaan saja. Tapi yang perlu dicermati bahwa Kotlin lebih ringkas dan flexibel, memang sih “ringkas” bukan berarti mudah dimengerti.

Baca juga artikel sebelumnya

 

abhiemanyu

 

One thought on “Variable – Kotlin

Comments are closed.